Pages

Wednesday, November 24, 2010

ide dalam Bisnis

post ini sengaja dibuat untuk bisa share dari pertanyaan saudari agnia..

bisnis tidak hanya dibangun dengan ide-ide baru.. tidak hanya fokus pada produk.. banyak juga bisnis yang memiliki ide yang sangat inovatif tapi ternyata tidak dapat diterima dipasar karena tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, tidak diterima oleh konsumen. tidak kontinyu dll..

ada 5 hal yang harus kita perhatikan untuk berjalannya suatu usaha, biasa disingkat 5M :

1. Man (Manusia), merujuk pada manusia sebagai tenaga kerja.ini merupakan hal yang penting dan dapat terus berkembang. Diri kita termasuk di dalamnya, kita adalah aset yang sangat mahal di perusahaan yang harus kita jaga dan harus selalu di kembangkan. karena menurut salah satu guru saya di IIBF (Indonesian Islamic Business Forum) mengatakan "PERKEMBANGAN PERUSAHAAN BERBANDING LURUS DENGAN PERKEMBANGAN PEMIMPINNYA" sehingga jika kita semakin berkembang maka perusahaan juga akan semakin berkembang

2. Machines (Mesin), merujuk pada mesin sebagai fasilitas/alat penunjang kegiatan perusahaan baik operasional maupun nonoprasional 
Bisnis membutuhkan sarana yang baik sehingga bisnis menjadi baik. sehingga sarana tersebut harus kita persiapkan dengan matang dan dengan jangka panjang. karena bisnis bukan hanya memiliki periode 1 atau 2 tahun tapi lebih dari itu.

3. Money (Uang/Modal),merujuk pada uang sebagai modal untuk pembiayaan seluruh kegiatan perusahaan.
hal ini merupakan hal yang paling sering di bicarakan ketika ingin memulai bisnis dan menjadi hambatan untuk memulai bisnis.  tapi uang bukan segalanya.

ada kisah yang sangat menarik, dimana waktu itu ada seseorang yang mengeluhkan kepada pengusaha besar karena tidak bisa memulai usaha karena tidak memiliki uang ternyata sang pengusaha memberikan uang yang begitu besar kalau tidak sealah sekitar 100 juta, ternyata tidak tidak disangka bukannya dia langsung memulai usahanya tetapi dia malah bingung. itu bisa membuktikan bahwa uang bukan segalanya diperlukan kesiapan mental dan ilmu untuk mengelolanya.

4. Method (Metode/Prosedur), merujuk pada metode/prosedur sebagai panduan pelaksanaan kegiatan perusahaan.


merupakan cara dan arahan bagaimana perusahaan itu dikelola, untuk mengurangi resiko sang owner perusahaan harus memiliki ilmu yang harus selalu berkembang untuk mengelola perusahaan.

5. Materials (Bahan baku), merujuk pada bahan baku sebagai unsur utama untuk diolah sampai menjadi produk akhir untuk diserahkan pada konsumen.
Produk yang kita tawarkan, sebaiknya memiliki nilai tambah yang lebih yang di butuhkan sehingga menjadi menarik dimata konsumen, dan jangan lupa kontinuitas.

untuk memunculkan ide-ide bisnis coba pakai metode ATM (Amati Tiru Modifikasi)

sering-seringlah melihat bisnis orang lain dan amati apa yang kira kurang dari bisnis tersebut, insya Allah akan muncul ide bisnis baru :)


mudah-mudahan post ini bisa memberikan salah satu alternatif solusi. :) 
SEMANGAT PENGUSAHA INDONESIA!!! :) 




No comments:

Post a Comment

daily quotes

beritahu kepada kami jika anda tidak puas dengan blog ini.. jika anda puas BERITAHU KELUARGA dan KERABAT ANDA... :) terima kasih :)